Selamat Datang Di Coretan Putra Aceh,

Tuesday 31 August 2010

Ngabuburit

Ngabuburit berasal dari kata burit yang berarti senja (bahasa sunda)..Setelan mendapat awalan dan imbuhan, menjadi ngabuburit, kata ini berarti suatu kegiatan menanti senja. Dan, karena kegiatan ini hanya dilakukan ketika bulan Ramadhan, maka pengertiannya menjadikegiatan yang dilakukan sambil menanti saat berbuka puasa.
Banyak orang mengakali ngabuburit ini dengan berbagai kegiatan hingga mereka lupa akan rasa lapar dan haus selama berpuasa. Ada yang cuma tidur-tiduran, nonton, maen game, jalan-jalan, dan pokoknya ngerjain sesuatu hingga saking asyiknya bisa bikin lupa rasa haus dan lapar, bisa menjalankan perintah agama tanpa harus kelaparan dan kehausan.
Ngabuburit merupakan aktivitas  lintas generasi yang begitu kentara di waktu-waktu menjelang berbuka puasa. Beragam kegiatan yang bersifat menghibur, mendidik dan tak sedikit yang atraktif terlihat di hampir setiap tempat. Umumnya, ngabuburit identik dengan bermain, bersantai, jalan-jalan untuk sekedar mengalihkan perhatian menunggu bedug maghrib.

No comments: