Selamat Datang Di Coretan Putra Aceh,

Tuesday 8 July 2014

MENU KHAS BUKA PUASA DI ACEH

Di bumi serambi Mekkah ini kita bisa nyobain menu khas buka puasa di sana yaitu bubur kanji rumbi. Wah, pasti penasaran dong kayak apa sih bubur kanji rumbi ini ?

Kanji rumbi terbuat dari bahan dasar beras dan sayur-sayuran yang terdiri dari wortel, kentang, dan sayur-sayuran lain. Yang bikin sedap, kanji rumbi dicampur dengan rempah-rempah yang terdiri dari merica, jahe, kunyit dan bumbu dapur lainnya yang kemudian digiling sebagai bumbu utama. Agar lebih nikmat lagi, kanji rumbi bisa dicampur dengan daging ayam yang sudah dicincang, atau udang, atau sesuai selera kita.

Selain sedap dan nikmat, kanji rumbi juga berkhasiat sebagai obat untuk menghilangkan angin dalam tubuh. Sehinggakita bisa tetap sehat dan bugar. Tapi gak semua masjid di Aceh menyediakan menu buka puasa yang sangat nikmat ini lho ,

Tradisi memasak kanji dilakukan secara bergotong royong. Sistem kerja dan bahan-bahan yang diperlukan dikumpulkan secara bersama-sama dengan memperhatikan asas pemerataan dan keadilan. Paling sedikit, setiap hari ada lima kepala keluarga menyumbang berbagai bahan untuk membuat kanji rumbi.
Umumnya, untuk sekali masak menghabiskan dana hingga Rp 500 ribu. Dana itu diperoleh dari donatur setempat yang telah disepakati sebelumnya. Adonan kanji rumbi terdiri dari beras, santan kelapa, sayuran, daging ayam atau sapi, bumbu dan rempah yang disatukan dalam sebuah kuali besar. Beras itu dimasak bersama dengan bumbu kemudian ditambahkan sayuran dan penyedap. Waktu yang dibutuhkan memasak kanji dua hingga tiga jam. Setelah masak warga diminta membawa wadah untuk hidangan berbuka puasa di rumah. Sedangkan sisanya dinikmati dalam acara buka puasa bersama di masjid. - Untuk di lhokseumawe antusias masyarakat dalam menikmati kanji rumbi menjelang berbuka puasa bisa kita dapatin di halam mesjid ISlamic Center Kota Lhokseumawe.
hampir setiap bulan Ramdhan Mesjid islamic Center selalu menyediakan Kanji rumbi yang di bagi-bagikan kepada masyarakat mejelang waktu berbuka. pembagian kanji rumbi di Halaman MEsjid Islamic Center berlangsung dari pukul 17.30 sampai pukul 18.00. nahhh buat kamu yang pingin ngerasa gimn rasanya kanji rumbi bisa bawa plastik trus ngantri buat dapatin kanji rumbi di mesjid islamic center kota lhokseumawe

No comments: